Peribahasa atau Pribahasa, yang Benar Adalah?

Peribahasa atau Pribahasa, baku, eyd
Peribahasa atau Pribahasa, yang Benar Adalah?
Kata peribahasa atau pribahasa adalah dua kata yang sering digunakan dan dianggap benar oleh sebagian orang. Padahal menurut aturan baku dan eyd, hanya ada satu kata yang benar di antara keduanya. Pada tulisan ini kita akan membahas kata ini.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, arti kata peribahasa atau pribahasa adalah sebuah kalimat yang mengiaskan maksud tertentu. Kata ini mempunyai padanan kata atau memiliki arti yang sama dengan perumpamaan, ungkapan, kiasan, dan bidal.

Meskipun kata peribahasa atau pribahasa sudah mulai jarang terdengar atau digunakan, namun pribahasa atau peribahasa sangat umum digunakan dalam dunia kepenulisan modern. Kiasan sangat berpengaruh terhadap keindahan tulisan dan membuat tulisan jadi lebih menarik.

Di dunia maya, peribahasa atau pribahasa sangat sering digunakan pada tulisan agar enak dibaca, bernilai seni, dan mengundang orang untuk membaca. Menggunakan perumpamaan dalam tulisan dapat memperkaya nilai tulisan.

Peribahasa atau pribahasa, kata yang benar sesuai eyd dan aturan baku adalah peribahasa. Hanya kata peribahasa yang ditemukan dalam KBBI. Sementara kata peribahasa akan mengarah pada peribahasa. Jadi, gunakanlah kata peribahasa untuk menggunkana kata ini dalam mode penulisan yang benar.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
3 June 2017 at 04:22 ×

sekedar saran min jika kata benar pake tipe bold

Congrats bro Doa Harian Islami you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment