Panitera atau Panitra, yang Benar Adalah?

Panitera atau Panitra, baku, eyd
Panitera atau Panitra?
Panitera atau panitra merupakan kata yang sata ini lebih sering digunakan untuk bidang tertentu. Penggunaan kata ini oleh masyarakat umum sudah sangat jarang. Bidang ilmu hukum adalah salah satu bidang yang masih menggunakan kata panitera atau panitra. Kata ini termasuk kosa kata lama dan telah digunakan sejak awal kemerdekaan dulu.

Bila merujuk pada kata baku atau eyd, akan timbul pertanyaan tentang manakah kata yang benar dari panitera atau panitra. Bila kita merujuk pada Kamus besar bahasa Indonesia, maka kata yang benar sesuai yed dan aturan baku adalah kata panitera.

Kata panitera terdaftar dan menjadi salah satu kosa kata baku dalam KBBI. Sementara itu, kata panitra akan diarahkan ke panitera pada KBBI. Jadi, gunakanlah kata panitera untuk penulisan baku dan sesuai eyd bila suatu saat menggunakan kata ini.

Arti kata panitera pada awalnya adalah semacam jabatan sekretaris atau juru tulis. Pada saat ini, panitera lebih umum digunakan pada profesi administrasi pengadilan, sekretariat, berita acara persidangan, dan sebagainya.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment