Memperbarui atau Memperbaharui atau Membarui, yang Benar Adalah?

Memperbarui atau Memperbaharui, eyd, baku
Memperbarui atau Memperbaharui atau Membarui?
Kita kerap kali mendengar istilah memperbarui atau memperbaharui. Kedua kata tersebut sering digunakan dan dianggap benar kedua-duanya. Pada tulisan kali ini kita akan membahas kata memperbarui, memperbaharui, atau membarui. Mana yang benar dari kata-kata tersebut sesuai eyd.

Arti kata memperbarui, memperbaharui, atau membarui menurut KBBI adalah mengganti menjadi baru, memperbaiki menjadi seperti baru, dan seterusnya.

Untuk memastikan kata yang benar sesuai eyd, kami mencoba mengecek laman Kamus Besar Bahasa Indonesia resmi milik pemerintah. Setelah dicek, ternyata kata yang terdaftar adalah kata membarui. Kata memperbaharui tidak ditemukan.

Arti kata memperbarui yang ada dalam KBBI lansgung merujuk pada membarui. Kata memperbarui mempunyai arti yang sama dengan membarui. Sedangkan untuk kata memperbaharui juga mempunyai arti yang sama dengan membarui, namun tidak terdaftar dalam KBBI.

Kata memperbaharui berasal dari ejaan lama bahasa Indonesia, dari kata "baharu". Saat ini kata "baharu" sudah diganti dengan "baru" dalam berbagai literatur. Anda masih bisa menggunakan kata memperbaharui, namun bila ingin menggunakan kata sesuai aturan baku dan eyd, maka direkomendasikan untuk menggunakan kata membarui.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Ahmad Fakhri
admin
2 June 2021 at 03:38 ×

Ilmu langka,thanks❤️

Congrats bro Ahmad Fakhri you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment