Penalti atau Pinalti, yang Benar adalah?


Penalti atau pinalti?

Manakah yang merupakan kata baku? Penalti atau pinalti?
Manakah yang benar, pinalti atau penalti?

Mungkin kamu sering mendengar istilah penalti atau pinalti dalam olahraga. Buat kamu penggemar bola, kamu mungkin lebih sering mendengar istilah penalti atau pinalti dalam sepk bola. Sebenarnya, dalam olah raga lain juga dikenal istilah penalti seperti dalam balap motor, balap mobil, dan sebagainya. Selain dalam olahraga kata penalti atau pinalti juga bisa digunakan di bidang lain.

Kata pinalti atau penalti berasal dari bahasa Inggris, penalty. Kata ini sering didengar dan digunakan sampai akhirnya diserap ke dalam bahasa Indonesia. Pertanyaannya adalah manakan kata yang benar setelah diserap ke dalam bahasa Indonesia?

Bila merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang benar adalah kata penalti. Kata pinalti bahkan tidak ditemukan atau dikenal di dalam kamus. Jadi, gunakanlah kata penalti sebagai kata yang benar sesuai KBBI dan aturan baku.

Kata yang benar dan baku adalah Penalti.

Arti kata penalti menurut KBBI adalah:

  1. Tendangan atau tembakan hukuman yang diberikan karena melanggar peraturan permainan dalam olahraga (sepak bola, polo air, dan sebagainya).
  2. Hukuman pengurangan waktu atau pengurangan yang diberikan karena melanggara peraturan dalam olahraga balap.
  3. Hukuman
  4. Denda

Turunan kata penalti: tidak ada.

Catatan: Kamu bisa menggunakan kata penalty dalam berbagai penulisan, dengan syarat penggunaan kata tersebut harus dicetak miring atau dikutip, contoh: Penalty atau "penalty". Tetapi, sebaiknya penggunaan kata-kata dalam istilah asing ayng dicteak miring atau dikutip dikurangi bila tidak terlalu penting. Alasannya, tulisan akan terlihat jadi tidak enak dilihat bila banyak tanda kutip dan huruf miring disana-sini.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment