Email atau imel, yang Benar Adalah?


Imel atau email?

Manakah yang benar, email atau imel?
Manakah yang merupakan kata baku, imel atau email?

Email adalah kata yang sangat sering digunakan saat ini. Di era informasi ini, email sama pentingnya dengan memiliki nomor telepon. Dengan email, seseorang bisa berkomunikasi melalui internet untuk berbagai keperluan. Bila dipandang dari sudut bahasa, manakah yang merupakan kata baku dari imel atau email?

Di dalam kamus bahasa Indonesia, tidak akan ditemukan kata imel. Jadi kata imel bukan merupakan kata yang baku. Sementara kata email adalah istilah dari bahasa Inggris asli. Bila menerapkan aturan penulisan, maka penggunaan email bisa digunakan dengan catatan harus dicetak miring karena merupakan istilah asing.

Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan kata "surel". Surel merupakan singkatan dari "surat elektronik" yang merupakan padanan kata dari email dalam bahasa Indonesia.

Catatan:
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita dapat menemukan kata email berikut artinya. Namun kata tersebut dan artinya tidak mengacu pada email, electronic mail. Email dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang berbeda.

Arti kata email menurut KBBI:
  1. Bahan padat yang melapisi gigi.
  2. Massa berupa kaca tidak beningyang dipakai untuk melapisi benda dari logam, gelas, atau tembikar.
  3. Barang yang diberi salutan (lapisan) email (nomor 2).
Contoh Kalimat menggunakan kata email:
  1. Makanan yang terlalu panas atau dingin dapat merusak email gigi.
  2.  Rosa mencoba mengirim lamaran kerja melalui email.
  3. Setiap karyawan disini harus memiliki surel pribadi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment