Insyaf atau Insaf? Yang Benar Adalah

insyaf atau insaf eyd
Kembali membahas kata baku. Kali ini kita penulis akan membahas kata insyaf atau insaf. Manakah diantara kedua kata ini yang benar? Sebelum membahas mana yang benar, ada baiknya kita ketahui dulu mengeni asal dan arti dari kata insyaf atau insaf.

Kata insaf atau insyaf diserap ke dalam bahasa Indonesia dari bahas Arab. Bahasa ini masuk dan digunakan oleh penduduk asli sejak masuknya pedagang arab yang membawa bahasa dan suku kata baru. Kata insaf diserap ke dalam bahasa Indonesia karena penggunaannya yang pas dan tidak ada kata yang memiliki padanan kata sama persis dengan kata ini.

Kata insaf atau insyaf menurut KBBI dapat berarti tiga macam. Yang pertama kata insaf atau insyaf dapat berarti sadar akan, mengerti akan, yakin akan. Insaf atau insyaf dapat juga berarti sadar akan kekeliruan dan berniat untuk tidak lagi melakukan kekeliruan tersebut. Kata insaf atau insyaf juga dapat berarti belas kasihan.

Pada umumnya kata insaf atau insyaf digunakan oleh masyarakat untuk menggambarkan seseorang yang sadar akan perbuatan salah yang dilakukan dan menyadari perbuatan tersebut tidak baik dan tidak bermanfaat atau merugikan.

Meunrut kamus besar bahasa Indonesia, kata yang benar adalah insaf. Kata Insaf menjadi kata yang benar karena lebih sesuai dan pas dengan lidah orang Indonesia dibanding kata insyaf yang lebih pas dengan lidah orang Arab. Jadi bila mau memakai kata ini, maka gunakanlah kata insaf.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
8 May 2016 at 01:32 ×

kalo sutera atau sutra?

Reply
avatar
Mayhart
admin
29 May 2016 at 18:09 ×

Kalau sutera atau sutra bisa dilihat disini,

http://katakatabaku.blogspot.com/2016/05/sutra-atau-sutera-yang-benar-adalah.html

:)

Reply
avatar
Thanks for your comment