Aktifitas atau Aktivitas, aktif atau aktiv, yang benar adalah?

aktifitas atau aktivitas
Perbedaan kata baku pada kata aktif atau aktiv, aktifitas atau aktivitas.
Kata aktivitas atau aktifitas menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti keaktifan, kegiatan kerja, dan semacamnya. Kata ini digunakan untuk menggambarkan perbuatan atau apa yang dilakukan. Bisa juga digunakan untuk perbuatan yang secara rutin dilakukan. Sementara itu kata aktif atau aktiv berarti giat, dinamis bertenaga, cenderung berkembang, atau penerimaan (dalam neraca pasiva aktif/pasif).

Dalam menulis, penggunaan kata yang benar diperlukan untuk membedakan kualitas tulisan. Penggunaan kata sesuai eyd biasanya menggambarkan bahwa orangnya lebih  paham berbahasa, berpendidikan, dan memenuhi kaidah baku yang diterapkan dalam penulisan.

Kata yang benar antara aktifitas atau aktivitas, akfit atau aktiv berdasarkan kbbi adalah.

Aktif bukan aktiv.
Kata yang benar sesuai aturan baku dan eyd adalah kata aktif, bukan aktiv.

Aktivitas bukan aktifitas.
Kata yang benar dan baku sesuai eyd adalah aktivitas, bukan aktifitas.

Perbedaan ini sebenarnya agak paradoks dan kontroversi dalam kaidah pengaturan Bahasa Indonesia. Pada satu aturan, penentuan bahasa berpatokan pada kecocokan lidah orang Indonesia. Dalam hal ini, aktif lebih cocok daripada aktiv. Namun untuk kata aktivitas, katayang diambil adalah aktivitas, bukannya aktifitas. Jadi harap berhati-hati dalam meggunakan kata yang benar sesuai eyd untuk kata aktif dan aktivitas.

Baca Juga: Pasiv atau pasif?

Previous
Next Post »
Thanks for your comment