Koper atau Kopor, yang Benar Adalah?

Koper atau kopor? Kopor atau Koper?

Saat membaca novel atau buku bacaan, kita terkadang akan menemukan bahwa sebgaian buku menggunakan kata kopor. Sementara itu, sebagian buku menggunakan kata kopor dalam penulisannya. Pertanyaan yang terjadi selanjutnya adalah,
Mana yang benar? Koper atau Kopor?

Mengetahui mana penulisan yang benar sesuai eyd dan kata baku sangat penting apabila anda menggunakan kata ini dalam bentuk tulisan. Karya tulis seperti jurnal, laporan, report, dan sebagainya membutuhkan penulisan sesuai eyd meskipun tidak ada aturan pasti yang mewajibkan.

Untuk mengetahui mana penulisan yang benar antara koper atau kopor, maka kita perlu merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Dari KBBI, dapat diketahui bahwa penulisan yang benar adalahg Koper.
Koper atau kopor, yang benar adalah Koper.

Arti kata koper menurut KBBI adalah: peti yang terbuat dari bahan kulit atau lainnya yang digunakan terutama untuk menyimpan baju dan pakaian saat perjalan.

Contoh penggunaan kata koper dalam kalimat:

Rudi sedang menyiapkan koper untuk berangkat besok pagi..
Moli kehilangan kopernya di stasiun.
Keluarga Ani pulang dengan membawa berkoper-koper buah tangan.


Untuk kata kopor sendiri sebenarnya tidak salah. Anda akan sering menemukan kata kopor dalam buku-buku karangan lama yang masih menganut tata bahasa lama.
Untuk sekarang, jika ingin menggunakan kata dalam bentuk penulisan sesuai aturan baku dan eyd, maka gunakanlah kata koper.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment