Sariat, Syariat, atau Syariah, yang Benar adalah?

Syariat, atau Syariah,
Syariat, atau Syariah?
Kita sering menjumpai kata syariah ataupun syariat dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan kata ini menjadi umum dalam ekonomi dengan adanya sistem ekonomi syariat atau syariah. Dengan sistem ekonomi tersebut muncul bank-bank berbasis syariah atau syariat.

Bila dipandang dari sudut kata baku, hanya ada satu kata yang sesuai dengan aturan eyd. Apakah itu Sariat, Syariat, atau Syariah. Setelah diteliti, kata yang terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah Syariat. Kata syariah dan sariat dalam KBBI akan mengacu pada kata Syariat.

Kata yang benar menurut aturan baku dan eyd adalah Syariah, bukan syariat.

Kata syariat berasal dari bahasa arab yang diucapkan syariah. Penentuan kata syariat sebagai kata yang baku lebih karena kecocokannya dengan lidah orang Indonesia, alih-alih syariat.

Arti kata Syariat atau syariah menurut KBBI adalah Isi hukum agama tentang kehidupan manusia. Hukum agama yang mengatur kehidupan manusia.

Contoh: Syariat Islam.

Meskipun kata syariat adalah kata yang baku dan sesuai eyd, namun masih banyak juga ditemukan berbagai media atau lembaga yang menggunakan kata syariah.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment