Shalat, Sholat, Salat, atau Solat, yang Benar Adalah?


Manakah penulisan yang benar, shalat atau sholat?
Manakah yang merupakan kata baku, salat atau solat?

Solat, salatt, sholat, atau shalat, adalah berbagai istilah yang merujuk pada ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Banyaknya versi kata di atas menimbulkan pertanyaan, manakah penulisan yang benar sesuai kata baku?

Bila merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang benar adalah salat. Kata shola, shalat, atau solat, bukan termasuk kata baku. Jadi gunakanlah kata salat sebagai kata yang benar dan baku.

Kata yang benar dan baku adalah salat.

Penulisan kata yang benar adalah salat.

Arti kata salat menurut KBBI adalah:
  1. Rukun Islam kedua berupa ibadah kepada Allah SWT.
  2. Doa kepada Allah.
 
Turunan kata salat:
  • Bersalat artinya adalah melakukan salat.
  • Menyalatkan artinya adalah melakukan salat untuk orang lain.
Previous
Next Post »

13 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
14 February 2019 at 23:40 ×

Tolong .. ejaan baku salat dibuat oleh pertimbangan Otak manusia... sementara sholat menurut saya lebih benar karena bahasa arab ditulis dengan huruf shod. Jadi untuk kebaikan anak saya lebih setuju dengan sholat...

Reply
avatar
Unknown
admin
11 April 2019 at 06:39 ×

Saya setuju dengan mbqk sofia..

Reply
avatar
Unknown
admin
11 April 2019 at 06:40 ×

Saya setuju dengan mbak sofia... sholat..not salat... salat itu makanan

Reply
avatar
Unknown
admin
20 July 2021 at 09:49 ×

Sewaktu saya mengaji dulu guru saya mengajar kan sholat bukan salat karna kata sholat di ambil dari bahasa arab

Reply
avatar
Anonymous
admin
18 August 2021 at 16:40 ×

maaf.. shalat... atau sholat... setau saya tidak ada huruf O di huruf hijaiyah

Reply
avatar
Adzwan Di
admin
13 September 2021 at 23:03 ×

Gunakanlah bahasa Indonesia baku

Reply
avatar
Anonymous
admin
14 September 2021 at 17:01 ×

itu adalah upaya kafir untuk mengubah islam. semoga mendapat laknat, dan allah memperbaikinya

Reply
avatar
Unknown
admin
24 September 2021 at 13:09 ×

Jd mana yg benar ini... Ikut pemerintah atau syariat agama ya

Reply
avatar
Unknown
admin
20 February 2022 at 04:59 ×

Jadi yg bener yg mana? Kalo menurut sy si Sholat, masa salat si soalnys sy pernah diketawain sm teman masa nulisnya salat Kan harusnya sholat jadi malu sendiri dikatain salat mah makanan_-

Reply
avatar
Unknown
admin
20 February 2022 at 05:01 ×

Kalo menurut Aku ttp sholat yg benar, krn sy pernah nulisna salat Dan alhasil diketawain tmn tmn pengajian katany salat mah makanan_-

Reply
avatar
Thanks for your comment